KISI-KISI SIM
1. Jelaskan
manfaat sistem informasi manajemen dalam bidang pemasaran .
Ø Manfaat
SIM dalam bidang pemasaran
- untuk
mengidentifikasikan dan membantu perusahaan khususnya seorang manajer dipekerja
yang bergerak pada bidang pemasaran untuk dapat memantau tren-tren pemasaran
paling up to date.
- dengan
SIM perusahaan juga dapat memantau kinerja perusahaan atau organisasi lain yang
menjadi kompetitasnya.
- dengan
adanya SIM perusahaan juga mampu melakukan riset pasar: menganalisa iklan ,
membuat kebijakan penetapan harga secara tepat,cepat dan akurat.
2. Apa
yang kau ketahui tentang SIM? Dan mengapa SIM sangat berperan penting dalam
sebuah manajemen?
Ø Pengertian
SIM :
SIM adalah suatu sistem yang dirancang untuk
menyediakan informasi guna nendukung pengambilan keputusan pada kegiatan
manajemen dalam suatu organisasi.
Ø Mengapa
SIM sangat berperan penting dalam sebuah manajemen :
karena SIM merupakan suatu sistem yang biasanya
diterapkan dalan suatu organisasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan
informasi yang dihasilkan dibutuhkan oleh semua tingkatan manajemen atau dengan
kata lain teknik pengolahan informasi dalam suatu organisasi.
3.
Jelaskan sejarah sistem informasi manajemen , eksistensinya saat ini dan
perkembangannya dimasa depan.
Ø Perkembangan Sistem Informasi Manajemen (SIM) :
Sebelum
pertengahan abad ke-20, pada masa itu masihdigunakan kartu punch,
pemakaian komputer terbatas pada aplikasi akuntansi yang kemudian dikenal
sebagai sistem informasi akuntansi. Pada tahun 1964, komputer generasi baru
memperkenalkan prosesor baru yang menggunakan silicon chip circuitrydengan
kemampuan pemrosesan yang lebih baik. Untuk mempromosikan generasikomputer
tersebut, para produsen memperkenalkan konsep sistem informasi manajemen dengan
tujuan utama yaitu aplikasi komputer adalah untuk menghasilkan informasi bagi
manajemen. Konsep SIM ini dengan sangat cepat diterima oleh beberapa
perusahaan dan institusi pemerintah dengan skala besar seperti Departemen
Keuangan.
Sementara
konsep SIM terus berkembang, Morton, Gorry, dan Keendari Massachussets
Institute of Technology (MIT) mengenalkan konsepbaru yang diberi nama Sistem
Pendukung Keputusan (Decision Support Systems – DSS). DSS adalah sistem
yang menghasilkan informasi yang ditujukan pada masalah tertentu yang harus
dipecahkan atau keputusan yang harus dibuat oleh manajer.
Ø Perkembangan Teknologi Informasi
Pada
awalnya Teknologi Informasi yang dikembangkan manusia pada masa ini berfungsi
sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang mereka kenal, mereka
menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada dinding-dinding gua, tentang
berburu dan binatang buruannya.
Masa 3000
SM Untuk pertama kali tulisan digunakan oleh bangsa Sumeria dengan
simbol-simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf. Simbol atau
huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi yang berbeda (penyebutan), sehingga
mampu menjadi kata , kalimat dan bahasa.Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an
M)2900 SM Pengunaan huruf hierogliph pada bangsa Mesir kuno. 500 SM Serat
papyrus digunakan sebagai kertas.105 M Bangsa Cina menemukan kertas.MASA MODERN
(1400-AN M S/D SEKARANG) Mesin cetak yang menggunakan plat huruf terbuat
4. Apa
keuntungan dan kerugian dari penggunaan SIM bagu sebuah perusahaan? sebutkan
dan jelaskan!
Ø Keuntungan
§ Meningkatkan
efisiensi oprasional investasi di dalam teknologi, sistem informasi dapat
menolong oprasi perusahaan menjadi efisien
§ Memperkenalkan
inovasi dalam bisnis
§ Membangun
sumber-sumber informasi strategis
Ø Kelemahan
§ Pengurangan
tenaga kerja sehingga dapat menambah pengangguran
§ Ketergantungan
manusia terhadap SIM tersebut sehingga mengesampingkan rasionalitas manusia itu
sendiri
5.
Komponen apa saja yang diperlukan dalam sistem informasi manajemen?
Ø Komponen
secara fungsional
§ Sistem
administrasi & oprasianal
§ Sistem
pelaporan manajemen
§ Sistem
database
§ Sistem
pencarian
§ Manajemen
data
Ø Komponen
secara fisik
§ Perangkat
keras
§ Perangkat
lunak
§ Database
§ Prosedur
pengoprasian
§ Personalia
pengoprasian
6.
Jelaskan bagaimana hubungan sistem informasi manajemen dan fungsi manajemen?
Hubungan nya menuai sinergi yaitu serangkaian sub sistem informasi
yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang mampu
mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna
meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer atas dasar
kriteria mutu yang telah ditetapkan. Kegiatan utama dari Semua sistem
informasi, yaitu menerima data sebagai masukan (input), kemudian memprosesnya
dengan melakukan penghitungan, penggabungan unsur data, pemutakhiran dan
lain-lain, akhirnya memperoleh informasi sebagai keluarannya (output).serta
fungsi dari manajemen itu sendiri merupakan berbagai jenis tugas ataupun
kegiatan manajemen yang mempunyai peranan khas dan bersifat saling menunjang
untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Dan ada 4 fungsi utama
dalam manajemen:
1. Perencanaan (Planning),
2. Pengorganisasian (Organizing),
3. Pengarahan (Actuating/Directing),
4. Pengawasan (Controlling)
7.
Mengapa dikatakan sistem informasi akuntansi sebagai bagian terbesar dari
sistem informasi manajemen?
Sia
adalah suatu subsistem dari SIM yang menyediakan informasi akuntansi dan
keuangan dan juga informasi lain yang diperoleh dari pengolahan rutin atas
transaksi akuntansi
8. Jelaskan
manfaat SIM untuk suatu perusahaan ?
Ø Meningkatkan
aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai
Ø Menjamin
tersedianya kualitas dan keterampilan memanfaatkan sistem informasi secara
kritis
Ø Mengembangkan
proses perencanaan yang efektif
Ø Mengidektifikasi
kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi
Ø Menetapkan
investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi
9.
Kualitas suatu informasi dipengaruhi oleh 3hal , relevancy, accurancy, dan
timeliness. jelaskan ke 3hal tersebut!
Ø Relevancy
(Relevansi)
Informasi dikatakan berkualitas jika relevan bagi
pemakainya. Pengukuran nilai relevansi akan terlihat dari jawaban atas
pertanyaan “How the message used for problem solving? (Decision Making)”
informasi akan relevan jika memberi manfaat pada pemakainya
Ø Accuracy
(Akurasi)
Informasi dapat dikatakan akurat jika informasi
tersebut tidak bias atau menyesatkan bebas dari kesalahan-kesalahan dan harus
jelas mencerminkan maksudnya. Beberapa hal yang dapat berpengaruh terhadap
keakuratan sebuah info sebagai berikut: 1. Kelengkapan informasi, 2. Kebenaran
informasi, 3. Keamanan informasi
Ø Timeliness
(Tepat Waktu)
Bahwa informasi yang dihasilkan dari suatu proses
pengolahan data datangnya tidak boleh terlambat (usang). Informasi yang
terlambat tidak akan mempunyai nilai yang baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar