Selasa, 06 Oktober 2015


 

MAKALAH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

“SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DI SEKOLAH”


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgIh97U3Hbf_suCLhmLgs3P9IaXjWk60ehVyqhV8gz5Li17sGBvE3TGkDbRrMjdgpBwYLThdtJkt8DX_5Y-zBaIgOeDqqRuDnilvgXlGTB7qmDkte3Frt5CZEMINyZU0mYqsUfjZHWUozA/s310/Logo_stie_bank_bpd_jateng.jpg
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Disusun Oleh :

SUCI NURMALA SARI (11140376)

 

 

JURUSAN AKUNTANSI

STIE BANK BPD JATENG 2014/2015

 

 

KATA PENGANTAR

 

 

            Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena tuntunan, rahmat, dan  karunia-Nyalah saya dapat menyelesaikan makalah “Sistem Informasi Manajemen di Sekolah” sebagai salah satu tugas dari mata kuliah Sistem Informasi Manajemen

Dalam menyusun makalah ini, penulis telah berupaya semaksimal mungkin  untuk menyajikan yang terbaik sesuai kemampuan penulis. Semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca khususnya mahasiswa Harapannya, semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca khususnya mahasiswa terutama dalam menyusun makalah selanjutnya yang dapat digunakan sebagai referensi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR............................................................................................ i        

DAFTAR ISI......................................................................................................... ii         

 

BAB I PENDAHULUAN........................................................................................ 1       

A.     Latar Belakang............................................................................................ 1

B.      Rumusan Masalah........................................................................................ 2

 

BAB II PEMBAHASAN......................................................................................... 3

A.     Pengertian Sistem........................................................................................ 3

B.      Pengertian Sistem Informasi Manajemen........................................................ 3       

C.      Sistem Informasi Manajemen di Sekolah........................................................ 4

D.     Hal yang diperhatikan dalam Sistem Informasi Manajemen di Sekolah.............. 5

E.      Tujuan Sistem Inforamasi Manajemen di Sekolah............................................ 7

 

BAB III PENUTUP................................................................................................ 8       

A.     Kesimpulan................................................................................................. 8


DAFTAR  PUSTAKA............................................................................................ 9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.                Latar Belakang

Sistem adalah merupakan sekumpulan elemen-elemen yang saling berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Informasi adalah data yang telah diolah sehingga dapat bermanfaat bagi penggunanya. Sehingga sistem informasi manajemen dapat diartikan sebagai suatu sistem informasi yang berbasis computer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa.


             Dewasa ini banyak kita jumpai penerapan sistem informasi dalam kehidupan sehari-haris seperti bisnis, rumahsakit, pemerintahan, kegiatan usaha swasta, pendidikan dll. Banyak sekali manfaat dari pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya. Beberapa penerapan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi antara lain dalam perusahaan, dunia bisnis, sektor perbankan, pendidikan, dan kesehatan.


            Dalam dunia pendidikan, teknologi informasi sangatlah mendukung untuk meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar. Semua elemen, baik pendidik maupun siswa dituntut untuk dapat menggunakan teknologi yang mendukung kegiatan sekolah.

 

 

 

1

 

B.                 Rumusan masalah

1.      Apa yang dimaksud sistem ?

2.      Apa yang dimaksud sistem informasi manajemen?

3.      Apa yang dimaksud sistem informasi manajemen di sekolah ?

4.      Apa yang harus diperhatikan dalam sebuah sistem informasi manajemen disekolah?

5.      Tujuan sistem informasi manajemen di sekolah ?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

            BAB II

PEMBAHASAN

A.  Pengertian Sistem

Sistem menurut para ahli, Pengertian Sistem diartikan sebagai berikut :

v    Menurut LUDWIG VON BARTALANFY, Sistem merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatu antar relasi diantara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan.

v    Menurut ANATOL RAPOROT, Sistem adalah suatu kumpulan kesatuan dan perangkat hubungan satu sama lain.

v    Menurut L. ACKOF, Sistem adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama lainnya.

Jadi, dari beberapa definisi sistem di atas, maka dapat disimpulkan, sistem adalah sekumpulan unsur / elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan. Sebagai contoh, dalam sistem komputer terdapat software (perangkat lunak), hardware (perangkat keras), dan brainware (sumber daya manusia).

 

B.     Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi manajemen (SIM), dalam bahasa Inggris: management information system (MIS) adalah bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis

Sistem informasi manajemen,  istilah yang umum dikenal orang adalah sebuah sistem manusia/mesin yang terpadu (intregeted) untuk menyajikan

 

 

3

 

informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan

keputusan dalam sebuah organisasi.Sistem ini menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) komputer, prosedur pedoman, model manajemen dan keputusan, dan sebuah “data base”.

Sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusan, sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan, Sistem informasi manajemen adalah suatu sistem yang dirancang untuk menyediakan informasi guna mendukung pengambilan keputusan pada kegiatan manajemen (perencanaan, penggerakan, pengorganisasian, dan pengendalian) dalam organisasi.

C.    Sistem Informasi Manajemen di Sekolah

Ada beberapa pengertian tentang Sistem Informasi Manajemen di Sekolah diantaranya, yaitu :

v  Sistem Informasi Manajemen di Sekolah  atau yang disebut SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAN PENDIDIKAN adalah suatu sistem data sekolah berbasis ITC dimana segala data base sekolah bisa tersimpan dengan aman serta dapat terkoneksi melalui suatu server. 

v   Sistem Informasi Manajemen di Sekolah adalah sebuah sistem informasi untuk kebutuhan manajemen lembaga pendidikan dalam hal ini adalah sekolah.

v    Sistem Informasi Manajemen Pendidikan merupakan perpaduan antara sumber daya manusia dan aplikasi teknologi informasi untuk memilih, menyimpan, mengolah, dan mengambil kembali data dalam rangka mendukung kembali proses pengambilan keputusan bidang pendidikan.  Data-data tersebut adalah data empiris atau data/fakta sebenarnya yang benar-benar ada dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

 

4

Dengan mempertimbangkan uraian-uraian di atas dapat dikemukakan definisi alternatif sistem informasi manajemen pendidikan, yakni: sistem, yang terdiri dari sekelompok orang, pedoman, dan perangkat pengolah data, yang memantau dan mengambil kembali data dari lingkungan, yang memperoleh data dari transaksi dan operasi dalam organisasi, dan yang menyaring, mengatur, dan memilih data serta menyajikannya sebagai informasi kepada para pemangku kepentingan pendidikan/sekolah, terutama bagi para manajer pendidikan pada semua level dan fungsi organisasi, untuk mendukung pengambilan keputusan dalam menjalankan fungsi-fungsi manajemen, untuk mendukung komunikasi, dan untuk mendukung kegiatan operasional, termasuk di dalamnya kegiatan instruksional.

D.    Hal-hal yang harus diperhatikan dalam Sistem Manajemen Informasi di Sekolah

1.    Interoperability – antara satu SIM dengan yang lainnya sebaiknya memiliki basis data yang sama. Atau terdapat fitur impor dan ekspor data dari satu jenis data ke jenis data yang lainnya. Ini diperlukan agar sekolah tidak perlu mengentri data kembali ketika berganti SIM.

2.    Keamanan – karena sharing data merupakan aspek utama dari SIM, keamanan tentu saja menjadi perhatian utama. Perlu diberikan beberapa tingkatan keamanan untuk berbagai kelompok. Sebagai contoh, pimpinan sekolah, guru dan karyawan tata usaha masing-masing mempunyai kewenangan berdasarkan kepentingan masing-masing. Siswa dan orang tua dibatasi kewenangannya untuk mengakses informasi yang diperlukan.

3.    Fungsi yang terdapat pada SIM – Sistem Informasi Manajemen secara umum memuat informasi sebagai berikut:

a.     Penilaian

b.    Pengelolaan aset

c.     Kehadiran

d.    Komunikasi rumah-sekolah

 

5

e.     Komunikasi antar guru/karyawan

f.     Keuangan

g.    Sumber daya manusia

h.    Pengelolaan kebutuhan pendidikan khusus

i.      Perencanaan kegiatan belajar mengajar

j.      Data siswa

k.    Penulisan laporan

l.      Evaluasi diri/review

m.  Pengaturan jadual pelajaran

4.    Pelayanan – kebanyakan pembuat software SIM memberikan pelayanan. Perlu diperhatikan kualitas pelayanan yang ditawarkan oleh pembuat software. Apakah layanan yang diberikan dapat dilakukan melalui email, telepon atau fax misalnya. Hal ini penting karena masalah teknis akan dijumpai ketika memasukkan data, serta dibutuhkan pula untuk melakukan update dan upgrade software.

5.    Pelatihan – berbagai bentuk training diperlukan; kerumitan penggunaan software dan pengalaman pengguna akan menentukan kedalaman pelatihan yang dibutuhkan. Dua isu yang perlu diperhatikan adalah biaya dan metode pelatihan (melalui tatap muka atau secara jarak jauh).

6.    Pemasukkan data – tujuan dari SIM adalah agar seseorang dapat memasukkan informasi sekali saja kemudian mampu menggunakannya berkali-kali. Metode pemasukkan data juga perlu diperhatikan secara khusus. Apakah data dimasukkan melalui keyboard, internet, PDA, handphone, optical mark reader (OMR), kartu gesek, atau diimpor dari sistem yang lain? Apakah dapat dilakukan pemasukkan data dari tempat yang lain, sebagai contoh, dari rumah? Apakah informasi dapat dimasukkan secara offline terlebih dahulu kemudian disynchronkan ketika terhubung ke dalam jaringan sekolah?

 

 

6

7.    Pengambilan informasi – beberapa pertimbangan penting adalah: bagaimana informasi dapat diakses, bagaimana cara melihatnya, siapa yang dapat mengaksesnya, serta apakah dapat dilakukan akses dari beberapa user yang berbeda dalam waktu yang bersamaan (multi-user).

8.    Biaya – terdapat beberapa tipe pembiayaan: lisensi per user, lisensi per institusi, lisensi tahunan atau pembelian langsung. Masing-masing memiliki keuntungan dan kerugiannya. Sekolah perlu memahami masing-masing tipe pembiayaan dan batasan masing-masing tipe.

E.     Tujuan Sistem Manajemen Informasi di Sekolah

 

Tujuan dari dibangunnya informasi berupa aplikasi Sistem Informasi Pendidikan adalah:

Ø    Membantu seluruh bagian yang berperan di dunia pendidikan dengan memberikan informasi yang menyeluruh tentang pendidikan dari tingkat sekolah dasar hingga
sekolah menengah umum atau yang setara dengannya.

Ø    Memberikan sarana agar seluruh bagian yang berperan dalam dunia pendidikan yang ada di propinsi / kota kabupaten agar dapat berperan aktif dalam usaha memajukan usaha pendidikan.

Ø    Pertanggungjawaban publik yaitu dengan memberikan informasi secara trasparan tentang kebijakan dan pemakaian sumber daya yang dialokasikan untuk dunia pendidikan.

Ø    Meningkatkan pengetahuan guru dan murid tentang dunia informatika serta manfaat yang dapat diambil melalui beberapa pelatihan.

Ø    Memberikan akses informasi yang mudah dan lengkap bagi pendidik dan siswa mengenai ilmu pengetahuan dan informasi pendidikan lainnya.

 

 

 

 

                                      7

BAB III

PENUTUP

A.       Kesimpulan

Dari uraian diatas maka dapat penulis simpulkan, sebagai berikut :

Sistem informasi manajemen adalah suatu sistem yang dirancang untuk menyediakan informasi guna mendukung pengambilan keputusan pada kegiatan manajemen (perencanaan, penggerakan, pengorganisasian, dan pengendalian) dalam organisasi.

Sistem Informasi Manajemen Pendidikan merupakan perpaduan antara sumber daya manusia dan aplikasi teknologi informasi untuk memilih, menyimpan, mengolah, dan mengambil kembali data dalam rangka mendukung kembali proses pengambilan keputusan bidang pendidikan.  Data-data tersebut adalah data empiris atau data/fakta sebenarnya yang benar-benar ada dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

DAFTAR PUSTAKA




 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

 


jika ingin melihat versi aslinya silahkan download pada link berikut:

makalah ms word
https://drive.google.com/open?id=0B2ozuiP-jxBjWWlXbFYxWml5UjQ
power point
https://drive.google.com/open?id=0B2ozuiP-jxBjZEJNbWZQdGtvVTQ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar