MAKALAH
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
“SISTEM
INFORMASI MANAJEMEN DI SEKOLAH”
Disusun Oleh :
SUCI
NURMALA SARI (11140376)
JURUSAN
AKUNTANSI
STIE
BANK BPD JATENG 2014/2015
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena tuntunan, rahmat, dan karunia-Nyalah saya dapat menyelesaikan
makalah “Sistem Informasi Manajemen di Sekolah” sebagai salah satu tugas dari
mata kuliah Sistem Informasi Manajemen
Dalam menyusun makalah ini, penulis telah berupaya
semaksimal mungkin untuk menyajikan yang terbaik sesuai kemampuan
penulis. Semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca khususnya
mahasiswa Harapannya, semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca
khususnya mahasiswa terutama dalam menyusun makalah selanjutnya yang dapat
digunakan sebagai referensi.
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR............................................................................................ i
DAFTAR ISI......................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN........................................................................................ 1
A.
Latar
Belakang............................................................................................ 1
B.
Rumusan
Masalah........................................................................................ 2
BAB II PEMBAHASAN......................................................................................... 3
A.
Pengertian
Sistem........................................................................................ 3
B.
Pengertian Sistem
Informasi Manajemen........................................................ 3
C.
Sistem
Informasi Manajemen di Sekolah........................................................ 4
D.
Hal yang
diperhatikan dalam Sistem Informasi Manajemen di Sekolah.............. 5
E.
Tujuan
Sistem Inforamasi Manajemen di Sekolah............................................ 7
BAB III PENUTUP................................................................................................ 8
A.
Kesimpulan................................................................................................. 8
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................ 9
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Sistem adalah
merupakan sekumpulan elemen-elemen yang saling berinteraksi dan bekerja sama
untuk mencapai tujuan tertentu. Informasi adalah data yang telah diolah
sehingga dapat bermanfaat bagi penggunanya. Sehingga sistem informasi
manajemen dapat diartikan sebagai suatu sistem informasi yang berbasis
computer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang
serupa.
Dewasa ini banyak kita jumpai penerapan sistem informasi dalam kehidupan sehari-haris seperti bisnis, rumahsakit, pemerintahan, kegiatan usaha swasta, pendidikan dll. Banyak sekali manfaat dari pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya. Beberapa penerapan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi antara lain dalam perusahaan, dunia bisnis, sektor perbankan, pendidikan, dan kesehatan.
Dalam dunia pendidikan, teknologi informasi sangatlah mendukung untuk meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar. Semua elemen, baik pendidik maupun siswa dituntut untuk dapat menggunakan teknologi yang mendukung kegiatan sekolah.
1
B.
Rumusan
masalah
1. Apa
yang dimaksud sistem ?
2. Apa
yang dimaksud sistem informasi manajemen?
3. Apa
yang dimaksud sistem informasi manajemen di sekolah ?
4.
Apa yang harus
diperhatikan dalam sebuah sistem informasi manajemen disekolah?
5. Tujuan
sistem informasi manajemen di sekolah ?
2
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Sistem
v Menurut
LUDWIG VON BARTALANFY, Sistem merupakan seperangkat unsur
yang saling terikat dalam suatu antar relasi diantara unsur-unsur tersebut
dengan lingkungan.
v Menurut
ANATOL RAPOROT, Sistem adalah suatu kumpulan kesatuan dan perangkat
hubungan satu sama lain.
v Menurut
L. ACKOF, Sistem adalah setiap kesatuan secara konseptual atau
fisik yang terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama
lainnya.
Jadi, dari beberapa definisi sistem
di atas, maka dapat disimpulkan, sistem adalah sekumpulan unsur / elemen yang
saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk
mencapai suatu tujuan. Sebagai contoh, dalam sistem komputer terdapat software
(perangkat lunak), hardware (perangkat keras), dan brainware (sumber daya
manusia).
B.
Pengertian
Sistem Informasi Manajemen
Sistem informasi manajemen (SIM), dalam bahasa Inggris: management information system
(MIS) adalah bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi
pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis
seperti biaya produk, layanan,
atau suatu strategi bisnis
Sistem informasi manajemen,
istilah yang umum dikenal orang adalah sebuah sistem manusia/mesin yang terpadu
(intregeted) untuk menyajikan
3
informasi guna mendukung fungsi
operasi, manajemen, dan pengambilan
keputusan dalam sebuah
organisasi.Sistem ini menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat
lunak (software) komputer, prosedur pedoman, model manajemen dan keputusan, dan
sebuah “data base”.
Sistem informasi manajemen dibedakan
dengan sistem informasi biasa
karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan
pada aktivitas operasional organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya
digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang bertalian
dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusan, sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif.
Dari uraian diatas dapat
disimpulkan, Sistem informasi manajemen adalah suatu sistem yang dirancang
untuk menyediakan informasi guna mendukung pengambilan keputusan pada kegiatan
manajemen (perencanaan, penggerakan, pengorganisasian, dan pengendalian) dalam
organisasi.
C.
Sistem
Informasi Manajemen di Sekolah
Ada beberapa pengertian tentang
Sistem Informasi Manajemen di Sekolah diantaranya, yaitu :
v Sistem
Informasi Manajemen di Sekolah atau yang disebut SISTEM INFORMASI
MANAJEMEN DAN PENDIDIKAN adalah suatu sistem data sekolah berbasis ITC dimana
segala data base sekolah bisa tersimpan dengan aman serta dapat terkoneksi
melalui suatu server.
v Sistem
Informasi Manajemen di Sekolah adalah sebuah sistem informasi untuk
kebutuhan manajemen lembaga pendidikan dalam hal ini adalah sekolah.
v Sistem
Informasi Manajemen Pendidikan merupakan perpaduan antara sumber
daya manusia dan aplikasi teknologi informasi untuk memilih, menyimpan,
mengolah, dan mengambil kembali data dalam rangka mendukung kembali
proses pengambilan keputusan bidang pendidikan. Data-data tersebut adalah
data empiris atau data/fakta sebenarnya yang benar-benar ada dan dapat
dipertanggung jawabkan kebenarannya.
4
Dengan mempertimbangkan
uraian-uraian di atas dapat dikemukakan definisi alternatif sistem informasi
manajemen pendidikan, yakni: sistem, yang terdiri dari sekelompok orang,
pedoman, dan perangkat pengolah data, yang memantau dan mengambil kembali data
dari lingkungan, yang memperoleh data dari transaksi dan operasi dalam
organisasi, dan yang menyaring, mengatur, dan memilih data serta menyajikannya
sebagai informasi kepada para pemangku kepentingan pendidikan/sekolah, terutama
bagi para manajer pendidikan pada semua level dan fungsi organisasi, untuk
mendukung pengambilan keputusan dalam menjalankan fungsi-fungsi manajemen,
untuk mendukung komunikasi, dan untuk mendukung kegiatan operasional, termasuk
di dalamnya kegiatan instruksional.
D.
Hal-hal
yang harus diperhatikan dalam Sistem Manajemen Informasi di Sekolah
1.
Interoperability – antara satu
SIM dengan yang lainnya sebaiknya memiliki basis data yang sama. Atau terdapat
fitur impor dan ekspor data dari satu jenis data ke jenis data yang lainnya.
Ini diperlukan agar sekolah tidak perlu mengentri data kembali ketika berganti
SIM.
2. Keamanan – karena
sharing data merupakan aspek utama dari SIM, keamanan tentu saja menjadi
perhatian utama. Perlu diberikan beberapa tingkatan keamanan untuk berbagai
kelompok. Sebagai contoh, pimpinan sekolah, guru dan karyawan tata usaha
masing-masing mempunyai kewenangan berdasarkan kepentingan masing-masing. Siswa
dan orang tua dibatasi kewenangannya untuk mengakses informasi yang diperlukan.
3. Fungsi yang
terdapat pada SIM – Sistem Informasi Manajemen secara umum memuat
informasi sebagai berikut:
a.
Penilaian
b.
Pengelolaan aset
c.
Kehadiran
d.
Komunikasi rumah-sekolah
5
e.
Komunikasi antar guru/karyawan
f.
Keuangan
g.
Sumber daya manusia
h.
Pengelolaan kebutuhan pendidikan
khusus
i.
Perencanaan kegiatan belajar
mengajar
j.
Data siswa
k.
Penulisan laporan
l.
Evaluasi diri/review
m. Pengaturan
jadual pelajaran
4. Pelayanan – kebanyakan
pembuat software SIM memberikan pelayanan. Perlu diperhatikan kualitas
pelayanan yang ditawarkan oleh pembuat software. Apakah layanan yang diberikan
dapat dilakukan melalui email, telepon atau fax misalnya. Hal ini penting
karena masalah teknis akan dijumpai ketika memasukkan data, serta dibutuhkan
pula untuk melakukan update dan upgrade software.
5. Pelatihan – berbagai
bentuk training diperlukan; kerumitan penggunaan software dan pengalaman
pengguna akan menentukan kedalaman pelatihan yang dibutuhkan. Dua isu yang
perlu diperhatikan adalah biaya dan metode pelatihan (melalui tatap muka atau
secara jarak jauh).
6. Pemasukkan
data – tujuan dari SIM adalah agar seseorang dapat
memasukkan informasi sekali saja kemudian mampu menggunakannya berkali-kali.
Metode pemasukkan data juga perlu diperhatikan secara khusus. Apakah data
dimasukkan melalui keyboard, internet, PDA, handphone, optical mark reader
(OMR), kartu gesek, atau diimpor dari sistem yang lain? Apakah dapat dilakukan
pemasukkan data dari tempat yang lain, sebagai contoh, dari rumah? Apakah
informasi dapat dimasukkan secara offline terlebih dahulu kemudian disynchronkan
ketika terhubung ke dalam jaringan sekolah?
6
7. Pengambilan
informasi – beberapa pertimbangan penting adalah: bagaimana
informasi dapat diakses, bagaimana cara melihatnya, siapa yang dapat
mengaksesnya, serta apakah dapat dilakukan akses dari beberapa user yang berbeda
dalam waktu yang bersamaan (multi-user).
8. Biaya – terdapat
beberapa tipe pembiayaan: lisensi per user, lisensi per institusi, lisensi
tahunan atau pembelian langsung. Masing-masing memiliki keuntungan dan
kerugiannya. Sekolah perlu memahami masing-masing tipe pembiayaan dan batasan
masing-masing tipe.
E.
Tujuan
Sistem Manajemen Informasi di Sekolah
Tujuan dari
dibangunnya informasi berupa aplikasi Sistem Informasi Pendidikan adalah:
Ø Membantu seluruh bagian yang berperan di
dunia pendidikan dengan memberikan informasi yang menyeluruh tentang pendidikan
dari tingkat sekolah dasar hingga
sekolah menengah umum atau yang setara dengannya.
sekolah menengah umum atau yang setara dengannya.
Ø Memberikan sarana agar seluruh bagian yang
berperan dalam dunia pendidikan yang ada di propinsi / kota kabupaten agar
dapat berperan aktif dalam usaha memajukan usaha pendidikan.
Ø Pertanggungjawaban publik yaitu dengan
memberikan informasi secara trasparan tentang kebijakan dan pemakaian sumber
daya yang dialokasikan untuk dunia pendidikan.
Ø Meningkatkan pengetahuan guru dan murid
tentang dunia informatika serta manfaat yang dapat diambil melalui beberapa
pelatihan.
Ø Memberikan akses informasi yang mudah dan
lengkap bagi pendidik dan siswa mengenai ilmu pengetahuan dan informasi pendidikan
lainnya.
7
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari uraian diatas maka dapat
penulis simpulkan, sebagai berikut :
Sistem informasi manajemen adalah
suatu sistem yang dirancang untuk menyediakan informasi guna mendukung
pengambilan keputusan pada kegiatan manajemen (perencanaan, penggerakan,
pengorganisasian, dan pengendalian) dalam organisasi.
Sistem Informasi Manajemen
Pendidikan merupakan perpaduan antara sumber daya manusia dan
aplikasi teknologi informasi untuk memilih, menyimpan, mengolah, dan mengambil
kembali data dalam rangka mendukung kembali proses pengambilan keputusan
bidang pendidikan. Data-data tersebut adalah data empiris atau data/fakta
sebenarnya yang benar-benar ada dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.
8
DAFTAR PUSTAKA
9
jika ingin melihat versi aslinya silahkan download pada link berikut:
makalah ms word
https://drive.google.com/open?id=0B2ozuiP-jxBjWWlXbFYxWml5UjQ
power point
https://drive.google.com/open?id=0B2ozuiP-jxBjZEJNbWZQdGtvVTQ
Tidak ada komentar:
Posting Komentar